Masa kecil memang sangat mempengaruhi tumbuh kembang setiap orang. Salah satunya adalah urusan tinggi badan, tidak banyak orang yang tahu kenapa mereka baru menyadari saat beranjak dewasa lalu mempermasalahkan tinggi badannya karena tumbuh dengan lambat atau jauh dari kata ideal. Padahal kalau ditelusuri lebih jauh ada beberapa hal yang bisa menyebabkan tinggi badan berjalan dengan lambat, dan itu bisa dicek dari kebiasaan mereka sejak kecil. Jika melihat dari kebiasaan, seseorang dikatakan bisa mendapatkan tinggi badan idealnya saat dewasa jika semasa kecil sudah aktif bermain atau bersosialisasi diluar rumah. Kenapa bisa begitu? Karena di waktu kecil saraf motorik dan hormon pertumbuhan anak akan lebih cepat berkembang dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang membantu merangsang hormon pertumbuhan tulang si anak. Jadi dengan kata lain, jika semasa kecil hanya mengabiskan waktu lebih banyak dirumah apalagi terlalu sibuk bermain dengan gadget maka jangan kaget jika saat dewasa tinggi badan kamu jauh lebih pendek dari teman-teman kamu yang aktif bersosialisasi di luar rumah. Seperti penjelasan dibawah ini, terdapat beberapa kebiasan yang bisa mempengaruhi tinggi badan kamu lebih cepat berkembang antara lain:

1. Rajin Minum Susu

Minum Susu merupakan salah satu kebiasaan yang dilakukan kita sejak kecil bahkan terbilang wajib. Karena susu merupakan nutrisi yang penting dan sangat diperlukan tubuh karena manfaat utamanya adalah untuk membantu pertumbuhan secara maksimal. Maka tidak heran jika orangtua kita lebih banyak memberikan asupan kita dengan susu karena selain kandungan utamanya kalsium untuk mempercepat proses pertumbuhan, disamping itu terdapat kandungan penting lainnya seperti protein, vitamin A, vitamin B, vitamin D, natrium, magnesium dan masih banyak lagi.

2. Suka Berlari dan Bersepeda

Kegiatan yang satu ini pastinya tidak luput dari aktifitas yang dilakukan kita sewaktu kecil ya. Tanpa sadar kegiatan seperti berlari atau bersepeda ini bisa cepat merangsang pertumbuhan sehingga tinggi badan kita lebih berkembang dengan maksimal. Karena salah satu manfaat dari kegiatan bersepeda contohnya bisa membantu merenggangkan atau memanjangkan otot sehingga membantu mengoptimalkan pertumbuhan.

Disamping itu jika kita rutin bersepeda selama 15 – 20 menit setiap harinya maka akan sangat membantu untuk merenggankan otot kaki sehingga membuat kaki terlihat lebih panjang dan akhirnya tinggi badan juga semakin bertambah.

3. Tidak Pernah Tidur Lewat dari Jam 9 Malam

Di waktu kita beristirahat dan tertidur lelap tubuh akan meregenerasi kembali sistem
metabolisme dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak setelah seharian beraktifitas. Sangat dianjurkan bagi kamu yang sedang menjalankan proses meninggikan badan untuk tidak tidur lewat dari jam 9 malam apalagi jika bergadang, karena akan menghambat pertumbuhan tinggi badan kamu. Maka tidak hanya anak-anak saja yang harus menjaga pola tidurnya tetapi orang dewasa juga, karena selain menyehatkan tubuh dengan tidur yang cukup juga bisa lebih menyegarkan tubuh kamu untuk siap menjalani aktifitas keesokan harinya dengan penuh semangat.

4. Suka Makan Sayur

Kandungan yang ada di dalam sayur akan sangat membantu untuk tetap menjaga kebutuhan nutrisi harian kamu agar selalu terpenuhi dengan baik. Karena sayur merupakan salah satu nutrisi yang terbilang murah dan mudah dicari untuk terus bisa dikonsumsi setiap saat. Tidak hanya itu, ternyata ada beberapa jenis sayuran juga yang bisa membantu mengembangkan tinggi badan kamu secara maksimal, contohnya seperti bayam, brokoli, kacang polong, buncis dan kubis. Maka jangan heran jika orang yang sudah terbiasa mengkonsumsi sayuran sejak kecil rata-rata mempunyai tinggi badan yang ideal setelah mereka tumbuh dewasa, betul tidak?